Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 02.53

PHYLOPOP.com - Phylovers tentu mengetahui atau paling tidak pernah mendengar bahwa bangsa Yunani memiliki peradaban yang tinggi. Budaya, tradisi, kepercayaan sampai ilmu pengetahuan yang berkembang sejak masa Yunani Kuno telah menjadi bahan kajian dan referensi yang tak pernah habis dibahas para ilmuwan dari berbagai bidang ilmu. Tapi kali ini Phylopop tidak akan membahas detail kajian-kajian tersebut. Phylopop hanya sedikit menyentuh sebagian kecil dari kepercayaan bangsa Yunani, yakni dalam hal kepercayaan terhadap dewa.

Yunani yang kini kita kenal terdiri dari dua bagian, yaitu Yunani Daratan dan Yunani Kepulauan. Bangsa Yunani Kuno mendiami wilayah yang disebut Negara Kota atau Polis, yaitu sebuah kota yang terbentang sebagai pusat kota dengan daerah pedesaan di sekitarnya.

Di Yunani terdapat tiga polis besar dan kuat, yaitu Athena, Sparta dan Thebe. Polis adalah semacam negara kecil yang merdeka.

Dalam kehidupan dan tradisi Yunani, dikenal banyak dewa. Dewa-dewa ini mewakili suatu sifat atau karakter tertentu, dengan fungsi dan perannya masing-masing. Bangsa Yunani menganut kepercayaan politheisme, dengan mempercayai banyak dewa. Di antara dewa-dewa tersebut adalah:

1. Dewa Zeus (dewa tertinggi)
2. Dewa Apollo (dewa kesenian)
3. Aphrodite (dewa kecantikan)
4. Posiedon (dewa laut)
5. Aries (dewa perang)
6. Dewa Pallas Athena (dewi pengetahuan)
7. Dewa Hermes (dewa perdagangan)
8. Artemis (dewa perburuan)

Para dewa tersebut diyakini bersemayam di Bukit Olympus. Bukit ini sangat suci dan dihormati oleh bangsa Yunani.

Untuk menghormati dan memuja para dewa di Bukit Olympus, bangsa Yunani melakukan pemujaan yang dilakukan melalui pertandingan olahraga yang disebut Olympiade. Olahraga dalam rangka penghormatan dan pemujaan terhadap para dewa yang dilakukan bangsa Yunani inilah yang kemudian menjadi cikal bakal olimpiade (olahraga) yang dilakukan manusia modern dewasa ini.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.