Tim Semar UGM 2010 |
Pembimbing tim Semar UGM Jayan Sentanuhady di Yogyakarta, Kamis (3/3/2011), mengungkapkan, pada kompetisi tahun ini tim Semar menargetkan pencapaian efisiensi bahan bakar dengan jarak tempuh semaksimal mungkin. Kedua mesin kendaraan tersebut telah didesain dengan efisiensi panas dan volume semaksimal mungkin pada titik keseimbangan tertentu.
"Mesin itu berspesifikasi long stroke dengan karakteristik high torque pada putaran mesin yang rendah agar bisa menekan konsumsi bahan bakar," kata dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM itu.
Jayan menambahkan, Semar Prototype merupakan kendaraan bermotor hemat energi yang mampu menempuh jarak 280 kilometer dengan satu liter bensin. Sementara itu, mobil semar memiliki panjang total 2,8 meter, tinggi 0,65 meter, lebar satu meter, dan wheel base 1,6 meter.
"Bodi kendaraan terbuat dari bahan fiberglass dengan tebal sekitar dua milimeter. Untuk penggerak mula menggunakan mesin empat tak bersilinder tunggal berkapasitas 25 cc, dan bisa melaju dengan kecepatan maksimal 45 km/jam," kata Jayan.
Menurut dia, untuk Semar Urban hingga kini masih dalam proses penyelesaian. Mobil itu merupakan kendaraan yang didesain dengan konsep city car hemat energi dan rendah emisi gas buangnya.
Ia mengatakan, menghadapi kompetisi yang akan berlangsung, pihaknya telah melakukan beberapa perubahan pada Semar Prototype. Kapasitas mesin yang semula 25 cc diubah menjadi 115 cc dengan pertimbangan agar bisa lebih kuat saat melalui jalan yang menanjak tinggi dan panjang. Selanjutnya, desain juga dibuat moduler di mana bagian arm belakang, bagian tempat duduk, dan bagian steering dibuat secara terpisah.
"Dengan sejumlah perubahan itu diharapkan Semar mampu berlaga secara maksimal dan dapat mempersembahkan prestasi membanggakan," harapnya. (kompas.com).
Posting Komentar