Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 08.01
Robot ikan "Charlie" milik CIA. Foto: CIAgov
Central Intelligence Agency atau CIA melakukan pembenahan internal.
Pekan lalu, Badan Intelijen Amerika Serikat ini meluncurkan wajah baru situs cia.gov. Di dalamnya ada link ke YouTube dan Flickr, yang menampilkan film dan foto tentang sejarah badan mata-mata ini.

"Kami ingin memberikan kemudahan informasi kepada publik," kata Direktur CIA, Leon Panetta. Dia berharap rakyat Amerika dan warga dunia lebih memahami misi dan peran penting CIA menjaga keamanan.

Memang, pada galeri foto yang ditampilkan, terlihat gambar gadget yang mendukung agen intelijen menjalankan tugasnya. Peralatan seperti yang dimiliki agen mata-mata Inggris dalam film James Bond ini tidak pernah dipublikasikan sebelumnya.
Antara lain ada perangkat yang memata-matai perjalanan Anda melalui kamera tersembunyi. Ada lagi gadget yang dapat mengambil surat dari dalam amplop. Lalu mesin pemecah sandi rahasia.

CIA juga menggunakan robot dalam operasinya. Misalnya "Charlie", wahana selam tanpa awak yang bentuknya seperti ikan. Wahana ini dikontrol melalui radio serta sistem ballast dan propulsinya canggih sehingga dapat menyelam secara diam-diam.
Alat lain adalah Insectothopter atau pesawat mata-mata mikro yang pertama. CIA telah mengembangkan wahana selam dan terbang ini sejak dasawarsa 1970-an. "Proyek ini untuk mengumpulkan data intelijen melalui platform berbentuk miniatur," demikian CIA menulis dalam situs. (tempointeraktif.com).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.