Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 19.52

London – UU perlindungan privasi di Inggris menjadi sorotan luas setelah anggota Parlemen mempersoalkan larangan penyebutan nama publik figur yang diduga terlibat perselingkuhan.
Kontroversi itu merebak setelah seorang anggota Parlemen Inggris (House of Common) dari Partai Livberal Demokrat John Hemming menyebutkan nama bintang sepakbola Manchester United Ryan Giggs dalam sidang DPR Inggris itu saat membahas soal undang-undang perlindungan privasi yang melarang media massa atau pihak-pihak lainnya, termasuk anggota parlemen, menyebut atau mengungkapkan nama bintang sepakbola asal Wales itu.
Dalam sistem peradilan di Inggris dikenal istilah injunction, yakni perintah pengadilan yang memerintahkan seseorang atau suatu pihak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Ketentuan tersebut belakangan menimbulkan kontroversi dan dipertanyakan karena dianggap melindungi publik figur dari kalangan elite atau orang berduit dari pengungkapan atas skandal perselingkuhan mereka atas nama hak privasi.
Ryan Giggs diduga berselingkuh dengan Imogen Thomas. Namun, hakim pengadilan tinggi di London mengeluarkan putusan yang melarang Imogen dan surat kabar atau media massa mengungkapkan skandal tersebut dengan mengungkapkan jati diri atau menyebut nama bintang sepakbola MU yang terlibat perselingkuhan dengan eks kontestan acara reality show televisi Big Brother itu.
John Hemming merasa tidak bersalah menyebutkan nama Ryan Giggs meski sudah ada perintah pengadilan yang melarangnya.
"Ketua Sidang, dengan sekitar 75.000 orang telah menyebut nama Ryan Giggs di Twitter, akan merepotkan memenjarakan mereka semua,” ujar Hemming sebagaimana dikutip The Guardian, Selasa (24/5/2011).
Selain itu, Hemming juga berlindung di balik kekebalan anggota parlemen yang telah 300 tahun dijamin oleh undang-undang. Apalagi, politisi berusia 51 tahun itu punya niat baik di balik keberaniannya menyebutkan nama Giggs.
Dia menegaskanhal itu dia lakukan "guna mencegah orang-orang awam dipenjarakan hanya gara-gara menggunjingkan perselingkuhan pria 37 tahun yang menikahi Stacey Giggs dan dikarunia dua anak itu," tulisSunsports.
Segera setelah pernyataan Hemming yang dilontarkan di depan Parlemen Senin (23/5/2011) itu, hampir semua surat kabar Inggris dalam situs internet mereka memberitakannya. Televisi dan radio pun ramai memperbincangkannya. Mereka mempertanyakan perlunya merevisi ketentuan mengenai injunction dan privasi itu karena dinilai tidak adil.
Beberapa saat sebelum Hemming menyampaikan pernyataannya itu, Perdana Menteri Inggris David Cammeron dalam suatu wawancara dengan ITV1 mengatakan siapapun tahu siapa pemain sepakbola yang dimaksud terlibat perselingkuhan itu. Apalagi, namanya telah disebut 75.000 kali di Twitter. Karena itu, dia menilai tidak adil jika melarang surat kabar menyebutkan nama bintang sepakbola MU itu, sedangkan namanya sudah tersebar luas di internet. (detik.com).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.