Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 07.46
10-02-2011-22:50
kamar 312 gd C lt.3 Diklat KDN Kalibata

sebenarnya judul ini lebih tepat diganti "hari yang melelahkan". tapi tidak juga... kata2 membosankan dan melelahkan sama2 mewakili apa yang saya lalui hari ini. biar tidak terlalu panjang, cukup judul diatas saja yang mewakili.

suara alarm memaksaku tersadar jam 4 lewat 40menit, tepat sesuai setelan tadi malam. jam segitu saat2 suara adzan berkumandang menyadarkan telinga. apalagi, tepat sebelah selatan gedung yang kamarnya saya tempati ini ada musolah. musola yang sempat diresmikan renovasinya oleh seorang mantan kepala badan diklat. sekarang beliau pindah komponen di badan litbang. masih di instansi yang sama, KDN.

dasarnya memang malas... suara alarm hp bukannya membangunkanku, tapi tanpa sadar tanganku meng-off-kan. spontan alarm itu diam dan tidurpun dilanjutkan. tanpa terasa (lebih tepatnya sih tanpa mau merasa), sudah jam 6lewat. segera saya bangun untuk berwudhu dan "menggugurkan" kewajiban solat subuh. habis solat, tidurpun di lanjtkan lagi, tapi sebelumnya alaram harus distel krn paling lambat jam 7 hrs sdh bangun, mandi dan masuk kelas menerima materi.

seperti 3hari sebelumnya, jam dinding kelas menunjukkan angka 08.35. artinya saya telat 35menit dan tentu saja yang lain sedang asyik menyimak materi yang disampaikan (meski sebenrnya yang hadir baru separohnya, sisanya gak ada kabar entah kemana).

materinya masih sama dengan separoh hari kemarin, komunikasi efektif. pengajarnya juga masih sama, pak joko dan bu wulan. untungnya cara penyajian mereka sangat atraktif dan dijamin gak bikin ngantuk, ngajarnya duet lagi. meski gak mirip duet presenter acara tv dahsyat(luna, olga, rafi), duetnya gak bikin bete. sambil membuka leptop dan fb-an, sy meninkmati penyajian duet itu hingga waktu jam makan siang tiba.

seperti biasa, sebelum turun ke lantai 1 untuk menikmati hidangan siang(kelasnya kebetulan di lantai2, kamarku di lantai3), kakiku melangkah menaiki tangga menuju kamar sekedar menyimpan leptop biar aman meski sebenarnya kelas ada yang jaga. dan makan siangpun dilalui dengan curhat2 teman2 di meja makan (makannya sih paling 10mnt, tapi ceritanya sampai telat masuk kelas 30mnt). dan saatnya kembali ke kamar....

tak mau berlama2 mendengar cerita dan lawakan teman2 d meja makan, kusempatkan diri berbaring sejenak d kamar. alarm Hp distel jam 2.20siang dengan asumsi terlambat masuk 30mnt dari jam 2.00. rilnya, sy trlambat 35mnt, dan it pun mata blm trbuka spnuhnya.

msk kls, disana sdh berdiri tegak seorang wi badan diklat. namanya p'darmadi. materi yg dsam[paikn pelayanan prima. tepat sebelah kiri pntu msk, duduk manis dua org tim penilai dari negeri tetangga, Singapura. sebelah kanan pintu, p'eman yg tak lain panitia yg jg rekan kerja sy di bidang sdg sibuk bolak-balikin kertas entah sedang ngapain. istilah slh seorg wi "sdh meninggalkan ilmu hitam". istilah yg sy gmbarkan mewakili rambut putih yg memenuhi kepala p'eman. beliau mmg trgolong staf yg telaten, trutamax sbg piket kls.

dsaat kls brlansung, p'eman prlahan menghampiri. mendekatiq n membisikkan st kalimat "dipanggil p'firma". dgn sgera sy mninggalkan kursiq, memberi isyarat pd wi utk ijin keluar n mnemui p'frman yg sdg asyik mnikmati kepulan asap rokoknya di ruang OB yg brada tepat sbelah barat ruang klsq. dgn trpaksa krn tak tahan dgn kepulan asap yg membumbung memenuhi ruang OB yg ukuran 2x4m itu, sy mnghampiri p'firman. beliau menyuruhq membuat smbutan pnutupan orientasi utk bsk meski sbnrx sy sdg sbg pserta. tp krn in printah atasan, siap sy lakukan. sy pun k kmr mengambil leptop n kmbali ke kls utk membuat konsep sambutan itu. meski wi sdg asyik menyampaikan materi, sy jg asyik dgn leptopq. tampaknya wi pun sdr klo sy tdk mmperhatikanx. tiba2 p'darmadi mnghampiri dan brtanya sesuatu ttg materi. tentu sj sy kikuk mnjawabnya krn memang konsentrasiku hy utk leptop. tmn sblehq trtawa terbahak2 mski yg lain diam krn tdk mndengar ap yg smpat kuucapkan utk menjawab barusan, krn suaraq mmg sngaja kukecilkan biar tdk didngar yg lain.

entah kenapa, sy merasa sangat bosan di siang ini. materinya sih bagus, penyampaian wi pun lumayan. tp memang dasarnya nguantuk, bosan n capek sdh mengubun di kepala, rasa2x pengen keluar n kmbali ke kmr untuk tidur. tapi, mana bisa. panitia dan pengawas dari Singapura itu selalu sigap menatap lalu lalang siapa saja yang lewat. meski terkadang saya masa bodoh. tp, hatiku juga mengatakan "tunjukkan pada pengamat negeri seberang itu bahwa aparat negerimu bisa disiplin juga seperti mereka"... tapi mau ngapain lagi. perasaanq berada di kelas memang gak mengenakkan, dan pengen rasanya untuk keluar. tapi kutahan-tahan karena bosku p'firman juga pasti sedang duduk2 di luar pintu sana. ya sudahlah. selesaikan saja hingga sore meski dengan hati yang dongkol... heheee...

sore tiba dan materi hari ini masih harus dilanjutkan ntar malam selepas dinner. "kita akan masuk lagi jam 7malam untuk membahas dan mengerjakan tugas kelompok sesuai kesepakatan tadi", begitu wi berpesan. meski rasanya pengen langsung tidur selepas makan malam, sekali lagi terpaksa harus masuk lagi nanti malam ham 7. ya sudahlah, toh saya ningap malam ini sebagai mana malam2 3malam sebelumnya. kan masih sisa waktu sekitar 40menit untuk tidur sebelum shalat magrib dan makan malam. sesampai di kamar, langsung saja saya berbaring di kasur, terlelap menikmati empuknya.

jam 6 lewat 30menit saya dibangunkan suara alarm hp HTq, kemudian solat magrib, mandi dan bergegas ke lantai 1 untuk makan malam. seledsai makan, kembali ke kamar mengambil leptop dan menuju ke kelas untuk menuntaskan apa yang disepakati sore tadi. teman2 sudah berkumpul di kelas, mengambil posisi dan tempat duduk sesuai anggota kelompok masing-masing. ada 4klp, semuanya direncakan akan menyajikan hsl materi yang mereka bahas esok pagi di depan penguji tentunya. saya mengambil inisiatif untuk memulai berdiskusi, membuka leptop dan langsung menuangkan hasil diskusi melalui jari2ku yang tersentuh di papan keyboard Dell milikku. meski berjalan agak alot, tentu juga dengan rela sebagian anggota sibuk dengan kerjaan dan leptopnya sendiri, rancangan pembelajaran dan slidenya pun selesai sudah. paling tidak kelompok saya yang dipercaya sebagai kelompok pertama siap memperlihatkan hasil kerja tim ini esok paginya. jika harus mempersentasikannya pun siap karena segala kemungkinan akan menjadi kewenangan wi atau fasilitator besok.

kembali ke kamar, bukan langsung tidur. laptop harus dibuka lagi. rasa2nya, slide hasil diskusi tadi belum cukup bagus untuk ditampilkan dalam sebuah proses pembelajaran, meski sebenarnya sebagian isinya hasil copy paste dari seorang wi senior. bukan berarti isinya kurang, lebih malah. tapi justru karena selain terlalu banyak slidenya, juga karena jumlah kalimat pada setiap slide terlalu banyak hingga tampak sumpek bahkan kurang terbaca bagi yang memakai kacamata + or -. itu tentu sangat tidak efektif dalam proses pembelajaran karena pada dasarnya peserta diklat malas untuk membaca, apalagi isinya penuh tanpa jarak. dalam benakku, juga sebenarnya sedikit banyak sudah saya ketahui saat diklat calon wi dulu tahun 2010 lalu, sebuah slide hanya memuat point2 penting sementara pnjelasan tergantung kemampuan dan kreativitas penyaji or wi. namanya juga power point, jadi isinya tak lain hanyalah point2 penyajian. kalau hanya memindahkan paragraf dari word ke powerpoint, ngapain capek2. cukup tampilkan saja versi word or pdf-nya.

kok jadi panjang lebar bahas powerpoint..?? maklum bawaan orok suka ngomong (mungkin ini modal dan bakat utk karir wi-ku ke depan?). kembali ke leptop ajalah. bukannya tadi mau mempercantik slide agar layak untuk ditampilkan esok harinya? okelah.. kita mulai buka leptonya.

mau tau apa yang saya buka saat duduk di depan leptop malam ini?? katakan saja maulah, meski kalian juga sudah nguantuk. klo tidak, kan cerita ini cukup sampai di sini. hehehee...

tombol yang tampak di layar leptop dan pertama kali saya klik adalah Mozilla. apalagi kalau bukan buka fb dan blog. secara seminggu terakhir ini saya sedang sibuk dandani tampilan blog (hasilnya lumayanlah untuk amatiran kaya saya..bisa lihat sendiri). jangankan memperbaiki tampilan slide, buka filenya pun nggak karena selain mozilla saya juga nyetel winamp, mau dengarin lagu hasil download td siang di kelas, Nano Band.

tapi tidak apalah. toh hasilnya kolom myStory di blog ini lahir justru karena saya cuek untuk memperbaiki slide itu. kan besok di ruang pasti dikasih kesempatan beberapa menit untuk memperbaiki kembali, tentu tidak sendiri seperti malam ini. kan lumayan membagi capek dengan teman anggota yang lain, masa mereka terima hasilnya saja. otree....

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.