Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 17.55

Beberapa hari yang lalu, Facebook dihebohkan oleh dicurinya sekitar 250 ribu foto pengguna Facebook oleh sebuah situs kencan online. Jumlah 250 ribu foto tersebut sebenarnya hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan foto yang ada di situs Facebook. Sebagai social media all in one, Facebook memang menjadi tujuan banyak pengguna untuk memajang foto, baik itu foto asal jepret maupun foto dengan nilai skill fotografi yang tinggi. Sayangnya, kebanyakan pengguna baru padal tahap awal, yaitu upload foto di Facebook dan belum bisa untuk mem-privacy foto-foto yang mereka upload tersebut. Padahal Facebook sendiri telah menyediakan banyak tool dan setting privacy yang kalau dihitung lebih dari 170 opsi setting privacy agar foto dan akun Facebook aman dari para pelaku kejahatan dunia internet.

Bagi sebagian besar pengguna Facebook, upload foto merupakan rutinitas Facebook utama selain update status. Bahkan ada kecenderungan pengguna Facebook yang berganti foto profil setiap hari. Hal ini senada dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor Harvard Business School yang menyatakan bahwa orang hanya senang melihat gambar/foto di Facebook. Tujuh puluh persen dari semua tindakan di social media terutama Facebook terkait dengan melihat foto atau melihat profil orang lain. Popularitas foto di Facebook juga sangat tinggi. Banyak orang yang meng-upload foto mereka ke Facebook untuk menunjukkan bahwa mereka sedang bersenang-senang dan populer tanpa harus bersikap sombong.

Berdasarkan penelitian profesor Harvard Business School tersebut terdapat beberapa perilaku pengguna Facebook. Sebagian besar pria mencari perempuan yang mereka tidak kenal sebelumnya. Sebagian kecil pria mencari perempuan yang mereka kenal, sementara kaum perempuan hanya mencari perempuan yang mereka kenal sebelumnya. Halaman Facebook perempuan biasanya menerima 2/3 page view dibandingkan pria hanya 1/3. Itu artinya di Facebook pengguna perempuan memang lebih banyak dilirik daripada pengguna laki-laki.

Gerbang utama seseorang untuk menjadi teman sehingga mau meng-add seseorang di Facebook adalah foto yang terpampang di profil. Nah foto diprofil ini merupakan sebagian kecil saja dari keseluruhan foto yang di-upload oleh pengguna Facebook. Berdasarkan data, pada akhir tahun 2010 yang lalu jumlah foto yang ada di Facebook adalah sebanyak 60 miliar. Tepat pada perayaan tahun baru 2011, sekitar 750 juta buah foto baru di-upload oleh pengguna Facebook. Diperkirakan pertambahan foto tiap bulannya di Facebook adalah sebanyak 6 miliar foto sehingga pada musim panas 2011 nanti jumlah foto di Facebook akan berjumlah 100 miliar. Jumlah foto di Facebook tersebut merupakan rekor yang sulit untuk dikalahkan karena situs lain yang menyediakan tools untuk upload dan berbagi foto kalau jauh. Misalnya Photobucket hanya memiliki 8 miliar foto, Picasa (milik Google) hanya 7 miliar, dan Flickr (milik Yahoo!) hanya 5 miliar.

Tentu menarik untuk mendalami, mengapa sebegitu banyak pengguna Facebok meng-upload foto mereka. Apa sebenarnya yang mendorong mereka dan bagaimana sebenarnya perilaku pengguna Facebook dalam meng-upload foto tersebut ke Facebook. Sebuah situs, pixable.com mencoba mendalami perilaku pengguna Facebook terutama yang terkait dengan foto-foto mereka. Data yang diambil adalah dari 100.000 pengguna Facebook dan memperlihtakan beberapa hal penting berikut ini.

Waktu Upload Foto

Sebagian besar pengguna Facebook melakukan upload foto pada akhir pekan. Di hari Sabtu sebesar 16,8% melakukan upload foto dan di hari minggu sebesar 16,9%. Bila ini digabung berarti lebih dari 35% pengguna Facebook melakukan upload di akhir pekan. Bandingkan dengan hari-hari lain, dimana pada hari Senin hanya 14,7%, Selasa 12,5%, Rabu 12,3%, Kamis, 12,7%, Kamis, dan Jumat 14,1%. Dari data tersebut bila kita lihat trend-nya makin dekat ke akhir minggu, makin besar persentase yang melakukan upload. Artinya banyak pengguna Facebook yang lebih menyukai upload foto di akhir minggu yang kemungkinan besar merupakan hari libur.

Gender

Dari sisi gender, apakah perempuan lebih sedikit atau lebih banyak melakukan upload foto di Facebook? Hasil penelitian menyebutkan bahwa ternyata perempuan lebih aktif dalam meng-upload foto dibandingkan lawan jenisnya, laki-laki. Perempuan melakukan upload dua kali lebih banyak dibandingkan laki-laki, dimana menurut penelitian perempuan melakukan upload sebanyak 347 foto, sedangkan laki-laki hanya 170 foto. Demikian juga dalam hal melakukan tag terhadap foto. Perempuan lebih aktif dengan angka dua kali lebih aktif dibandingkan laki-laki dimana perempuan melakukan tag sebanyak 73, sedangkan laki-laki hanya 35. Hal ini mengisyaratkan bahwa perempuan lebih suka men-share fotonya dibandingkan laki-laki dan mungkin juga lebih narsis dibandingkan dengan laki-laki. Dalam hal gender juga diperlihatkan bahwa laki-laki lebih menyukai foto perempuan, perempuan lebih menyukai foto perempuan dan secara umum pengguna Facebook memang lebih menyukai foto perempuan. Tentu hal ini makin menegaskan bahwa kaum perempuan disukai di mana saja, tidak terkecuali di Facebook.

Usia

Usia pengguna yang melakukan upload foto ke Facebook cukup merata. Baik usia muda maupun usia tua senang sekali upload foto di Facebook. Dari usia terendah yang boleh menggunakan Facebook, yaitu 13 tahun sampai usia 48 tahun dari penelitian yang dilakukan, angka upload foto di Facebook terus meningkat. Puncaknya ada pada pengguna dengan usia 27 tahun. Namun bisa dikatakan sampai dengan usia 48 tahun tidak terjadi penurunan yang berarti dalam kegiatan upload foto. Namun dalam hal perilaku men-tag foto, pengguna yang lebih tua lebih sedikit dalam men-tag, sedangkan yang berusia muda lebih banyak men-tag foto. Usia 20-an sampai 30-an merupakan pengguna yang paling banyak melakukan tag foto. Hal ini berarti pengguna berusia muda memang lebih narsis dibandingkan dengan pengguna berusi tua.

Jumlah Foto dalam Jaringan Pertemanan

Tahukan anda berapa banyak foto dalam jaringan pertemanan yang anda lakukan di Facebook? Bila anda memiliki teman di Facebook 500 orang berapa kira-kira keseluruhan foto yang anda dan teman anda tersebut miliki dalam jaringan pertemanan tersebut? Dari penelitian yang dilakukan, rata-rata seorang pengguna Facebook memiliki teman sebanyak 345 orang teman. Rata-rata setiap seorang teman pengguna Facebook memiliki foto sebanyak 282 foto. Nah dengan demikian, dengan teman sebanyak 345 orang jumlah foto yang ada dalam jaringan pertemanan tersebut berada pada angka 97.290 foto. Itu kalau jumlah temannya 345 orang. Coba anda hitung seorang yang memiliki teman di batas maksimal 5.000 orang, tentu jumlah foto dalam jaringan pertemanannya akan lebih banyak lagi.

Dari data-data tersebut di atas, satu hal yang penting adalah kemampuan Facebook dalam menampung jumlah foto yang sangat banyak. Hampir tidak pernah ada keluhan dalam hal upload foto di Facebook. Namun demikian satu hal yang juga perlu dikritisi bahwa sebagian besar pengguna Facebook masih dalam tahap hanya bisa meng-upload foto, namun belum bisa melindungi foto-foto yang mereka upload. Hal ini menjadi celah yang cukup lebar bagi pelaku kejahatan terutama pencuri foto di Facebook. Hal lain adalah kegiatan ber-facebook-an hampir tidak bisa dilihat apa akibatnya dalam waktu sekarang ini. Foto-foto yang di-upload di Facebook mungkin saja suatu waktu bisa menimbulkan masalah bagi penggunanya, seperti kata Baracak Obama, it will be pulled up again later somewhere in your life. So Waspadalah….

(sumber : kompas.com)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.