Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 08.13
PHYLOPOP.com - BOMBO NCERA menunjuk sebuah tempat wisata rangkaian air terjun di antara bukit hijau nan asri yang terletak di sebuah desa yang bernama NCERA, di KEC. BELO KAB. BIMA NTB PULAU SUMBAWA. Rangkaian air terjun ini terbentuk secara alami sejak ribuan tahun silam berpadu secara indah dengan rangkaian bebatuan gunung yang kokoh dan menawan serta diteduhi jutaan pohon dari rangkaian PEGUNUNGAN CONDO.

BOMBO NCERA menjadi tempat wisata andalan bagi masyarakat BIMA khususnya masyarakat yang berada di wilayah bagian timur KABUPATEN BIMA (warga Kecamatan Belo, Woha, Langgudu dll).

BOMBO NCERA telah menjadi sumber mata air utama masyarakat Ncera dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan mengairi persawahan warga. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber mata air BOMBO NCERA, di ujung rangkaian air terjun ini telah dibangun sebuah WADUK yang dikenal masyarakat dengan nama EMBU NCERA yang berfungsi menampung kelebihan air di musim hujan untuk dapat dimanfaatkan secara optimal pada musim kemarau. Sampai saat ini, sumber air BOMBO NCERA masih terjaga kemurniannya meski kapasitasnya mengalami penurunan. Hal ini merupakan buah perjuangan berbagai LSM dan mahasiswa sekitar kawasan yang telah berjuang keras untuk menindak berbagai upaya perusakan dan pencemaran sumber mata air tersebut (sebut saja salah satu contoh penolakan LSM, Mahasiswa dan warga terhadap keinginan investor menanamkan modalnya untuk melakukan kegiatan penambangan kekayaan alam batu mangan di rangkaian PEGUNUNGAN NCERA).

Untuk mengenal lebih jauh silakan bergabung dengan Group Bombo Ncera di Facebook : http://www.facebook.com/pages/BOMBO-NCERA/213828032687

Atau Facebook Bombo Ncera : http://www.facebook.com/profile.php?id=100000601876400

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.