Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 09.58

PHYLOPOP.com - Air putih memang diperlukan tubuh, tetapi bila meminumnya secara berlebihan bisa menyebabkan keracunan air (water intoxication). Keracunan air terjadi bila seseorang mengonsumsi terlalu banyak air sehingga nutrisi lain di dalam tubuh menjadi terlarut yang mengakibatkan zat tersebut tidak bisa lagi melakukan tugasnya dengan baik.

Terlalu banyak air dapat lebih mengarah pada kondisi yang jarang terjadi namun berpotensi fatal yang disebut hiponatremia. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami kecanduan air putih atau sering disebut 'aquaholic'.

Keracunan air juga mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit yang mempengaruhi konsentrasi ion natrium dan memicu terjadinya hiponatremia. Elektrolit adalah garam ion sederhana yang digunakan oleh sel untuk memindahkan cairan serta pesan saraf yang masuk dan keluar dari sel di seluruh tubuh. Tanpa elektrolit, maka tubuh tidak dapat berfungsi.

Pada kasus keracunan air, kondisi hiponatremia yang ekstrim pada akhirnya dapat menyebabkan koma dan kematian. Jika bisa diketahui secara dini, maka pengobatan dengan memberikan cairan yang mengandung elektrolit IV bisa memberikan pemulihan lengkap. Tapi jika tidak ditangani, maka kondisi ini akan berakibat fatal.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.