Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 07.43
PHYLOPOP.com - Salam jumpa Phylovers. Bagaimana week end-nya kali ini? Menyenangkan tentunya. Semoga demikian amin!

Kolom Jalan-Jalan kali ini membahas tentang tempat asyik untuk menyalurkan hoby Phylovers yang suka berenang. Bagi Phylovers yang berada di wilayah Jabodetabek, bisa memasukan dalam list week end-nya untuk bisa jalan-jalan sekalian menyalurkan hoby berenang di daerah Sawangan Kota Depok. Di sana ada kolam renang Tirta Maya. Tepatnya berada di Jalan Parung Sawangan Depok Jawa Barat.

Kenapa Phylopop merekomendasikan Tirta Maya Sawangan Depok? Tentu banyak alasan yang bisa Phylopop ungkapkan. Namun pada kesempatan ini, beberapa hal berikut bisa menjadi acuan sekaligus memantapkan keputusan untuk mengunjunginya di week end mendatang.

Lokasi Mudah Diakses

Tirta Maya lokasinya masih terjangkau pengunjung yang berada di wilayah Jabodetabek. Berada tepat di pinggir jalan besar dua jalur. Ke utara bisa datang dari Tangerang, ke arah selatan bisa datang dari Bogor. Tak jauh ke arah selatan Tirta Maya, ada pertigaan ke arah timur menuju Stasiun Depok dan Jalan Margonda Raya Depok.

Berada di jalan antar kota menjadikan kolam renang yang tak pernah sepi ini dilalui berbagai angkutan kota. Dari Margonda dan Stasiun Depok, bisa naik angkot A03 ke arah Parung. Begitupun dari arah Tangerang dan Bogor tersedia banyak angkot yang langsung mengantar di depan pintu masuk. Hanya saja, jika Phylovers dari arah Bogor, sering ada kemacetan yang mengular di depan Pasar Parung.

Parkir Luas

Setiba di lokasi, Phylovers tak perlu bingung cari tempat parkir. Buang jauh-jauh kekhawatiran Phylovers tidak dapat tempat parkir. Ini bukan di Jakarta. Seperti terlihat pada gambar di samping, hamparan tanah lapang terbentang luas. Petugas parkir akan dengan ramah melayani.

Phylovers tinggal memilih sendiri tempat yang dianggap nyaman sesuai jenis kendaraan yang dibawa. Tarif parkir juga terjangkau. Hanya dengan 2 ribu untuk motor dan 3 ribu untuk mobil. Phylovers tak perlu khawatir lagi dengan keamanannya. Petugas keamanan siap menjaga kendaraan Phylovers sampai puas berenang.

Tarif Terjangkau

Pada hari kerja, tarif masuk untuk anak dan dewasa hanya 13 ribu. Sedang pada tanggal merah atau week end memang agak berbeda. Tapi masih tergolong murah. Hanya dengan 20 ribu perorang. Untuk anak-anak umur kurang dari 3 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dengan fasilitas yang lengkap, dibanding dengan kota besar seperti Jakarta, harga tersebut tidak seberapa. Apalagi untuk mengisi hari libur bersama orang-orang tersayang.

Kolam Luas dan Bersih

Perhatikan gambar di samping Phylovers. Di gambar tersebut terlihat jelas bagaimana luas dan bersihnya kolam yang ada. Di antara hamparan pengunjung yang sedang asyik berenang dan berlarian, airnya terlihat jernih hingga ke dasar kolam.

Petugas kebersihan kolam pun selalu siap siaga memungut sampah dan dedaunan yang jatuh ke tanah, di atas keramik maupun dalam kolam. Di setiap sudut dan pojok hampir tak terlihat sampah.

Ada Kolam Anak-Anak

Untuk Phylovers yang membawa anak, tak usah risau. Tirta Maya menyediakan dua kolam khusus anak-anak. Gambar di samping memperlihatkan anak-anak dan orang tuanya sedang asyik bermain air, berlarian, menyelam serta melompat sambil memercikkan air di kolam khusus anak.

Prosotan Untuk Semua Umur

Dua prosotan air atau water boom siap memanjakan pengunjung. Dengan satu menara, dua prosotan air ini melingkar berujung dan mengarah ke kolam kecil di bawahnya. Karena menjadi tempat bermuaranya dua prosotan air, kolam kecil ini sebenarnya lebih cocok untuk anak-anak. Selain ukurannya yang mini, kedalamannya hanya selutut orang dewasa. Kolam ini lebih cocok untuk bermain anak-anak, selain dua kolam anak yang sudah dijelaskan di atas.

Prosotan air pertama yang menggantung di bagian bawah menara dikhususkan untuk anak-anak. Namun jika berani, anak-anak juga bisa menggunakan prosotan yang ada di bagian atas yang memang tergolong tinggi dan curam. Prosotan atas memang diperuntukkan bagi orang dewasa. Karena tergolong tinggi dan curam, prosotan atas dijaga oleh petugas selama jam buka untuk menjamin keamanan pengunjung khususnya anak-anak. Pengunjung meluncur berdasarkan jeda waktu yang diatur petugas tersebut dengan menggunakan tongkat dari kayu sebagai isyarat.

Tidak seperti jadwal kolam renang, prosotan ini hanya bisa dipakai dalam batas waktu sebagaimana yang terpampang di pintu masuk prosotan. Silakan Phylovers baca jadwal buka prosotan pada gambar di atas.

Ada Kolam Arus Mengalir

Selain satu kolam dewasa berukuran tiga sampai empat kali lapangan bola, juga terdapat dua kolam anak, satu kolam prosotan, dan satu kolam arus yang mengalir seperti sungai. Kolam arus ini termasuk favorit pengunjung. Arusnya mengalir melingkar searah jarum jam dengan kedalaman sekira satu meter.

Bisa Sekalian Berwisata

Area Tirta Maya tergolong luas. Ada juga pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat wisata bersama keluarga dengan membawa makanan, minuman dan gelaran tikar sendiri. Petugas pun tampaknya tak keberatan dengan hal itu karena suasananya memang mendukung.

Suasana Alam Yang Asri

Banyak pepohonan menghiasi area kolam. Pohon kelapa menghiasi antar kolam menambah keasrianya, seolah berada dekat dengan pantai. Ada satu pohon favorit yang menjadi tempat berteduh pengunjung. Pohon ini berada di dalam lingkaran kolam arus. Batang-batang besarnya membentang dan menjulur ke tanah sehingga sering diduduki pengunjung sambil berfoto ria.

Lingkungan sekitar kolam ini pun tampak asri. Kanan kiri serta belakangnya diapit ladang dan sawah. Di sebelah utara kolam arus juga, ada danau yang bukan bagian dari kawasan Tirta Maya. Di kolam tersebut biasa terlihat warga sekitar mencoba peruntungan dengan kail pancing untuk mendapatkan ikan. Tampak pula ikan-ikan yang tertangkap bergantung di ujung kail, meronta-ronta berusaha meloloskan diri.

Loker Aman dan Gratis

Untuk menyimpan barang-barang berharga atau pakaian dan tas yang tidak ingin di bawa ke kolam, Phylovers bisa memanfaatkan fasilitas loker yang disediakan petugas. Dengan uang jaminan 10 ribu, barang-barang berharga akan lebih aman karena juga dijaga stand by oleh petugas. Uang jaminan tersebut dapat diambil lagi jika sudah selesai dengan mengembalikan kunci loker tentunya. Jika kunci loker hilang, tentu akan dikenakan denda sejumlah uang.

Tempat Bilas Luas dan Bersih

Tempat bilas atau bersih-bersih badan tersedia khusus untuk wanita dan laki-laki secara terpisah. Pengunjung bisa memanfaatkan tempat bilas terbuka yang ada di tepi kolam renang dewasa dan anak-anak. Atau memanfaatkan tempat bilas tertutup lengkap dengan ruang ganti, kamar mandi dan WC.

Ada Musholah

Jika belum sempat menunaikan sholat sebelum tiba di lokasi, atau sudah memasuki waktu sholat saat sedang asyik berenang ria, Phylovers bisa menunaikan kewajibannya tersebut di musholah yang ada di samping tempat bilas tertutup. Sajadah dan mukenah juga tersedia di sana jika Phylovers lupa membawanya. Jadi Phylovers tak perlu khawatir ketinggalan sholat saat berendam dan berenang di kolam.

Penjaga/Pengawas Selalu Waspada

Sesekali pengeras suara memperingatkan pengunjung untuk waspada agar tidak terjatuh atau tenggelam. Selain juga tersedia beberapa petugas yang selalu mengawasi setiap gerak gerik pengunjung, khususnya anak-anak, agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan, seperti terpeleset, jatuh atau tenggelam. Sesekali pengawas juga menegur pengunjung laki-laki yang mengenakan baju, karena memang hanya diperbolehkan bertelanjang dada selama berada dalam kolam.

Demikian Phylovers rekomendasi tempat berenang kali ini. Jika Phylovers belum sempat ke sana, jangan lupa sempatkan berkunjung lain waktu. Selain bisa menikmati segarnya air kolam, mungkin saja bagi ibu-ibu bisa sambil belanja sayur mayur di Pasar Parung untuk stok satu minggu ke depan. Jarak dari Tirta Maya ke Pasar Parung hanya sekitar 1 KM. Tidak terlalu jauh bukan?

Salam Phylovers!

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.