Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 01.13

PHYLOPOP.com - Bagi Sahabat Phylo yang memiliki jiwa bisnis atau sudah memiliki bisnis/usaha biasanya sangat pandai membaca situasi. Membaca situasi biasanya ditafsirkan dengan peluang meraih keuntungan terhadap bisnis yang sedang atau akan dijalankan. Sepanjang tahun, moment-momen penting seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha,  Hari Natal, Tahun Baru Hijriah/Islam, Tahun Baru Masehi, dan Tahun Baru Imlek, atau hari-hari perayaan lainnya menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Moment-moment tersebut merupakan saat yang ditunggu-tunggu karena permintaan pelanggan cenderung meningkat berlipat-lipat dibanding hari-hari biasa. Dengan meningkatnya permintaan, omzet yang didapatpun melonjak. Hal ini tentu diiringi dengan keuntungan yang besar.

Bagi Sahabat Phylo yang berjiwa bisnis atau punya nyali untuk membuka usaha menghadapi moment-moment penting tersebut, berikut Phylopop sarikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk meraup sebanyak mungkin omzet bisnis/usaha.

Pertama, persiapkan persediaan barang/bahan agar tidak terjadi lost order terutama untuk model/varian baru dengan mulai menambah kapasitas produksi jauh-jauh hari sebelumnya sehingga beban biaya tidak terlalu banyak meningkat. Selain itu, bisa juga melakukan kontrak dengan penyedia barang/bahan untuk produksi sehingga tidak terjadi kehabisan bahan/barang saat menggenjot produksi pada moment-momen penting tersebut. Hal ini juga menghindari kerugian karena kenaikan harga bahan/barang yang biasanya meroket selama momen penting tersebut.

Kedua, promo ekstra untuk model/varian baru. Pada umumnya, promosi terhadap model/varian baru bagi suatu usaha merupakan beban berat mengingat harus mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra. Akan tetapi, pada dasarnya promosi tersebut merupakan aset berharga karena jika promosi berhasil bisa jadi produk/varian baru tersebut menjadi andalan. Jika menjadi andalan, tentu akan menambah pundi keutungan yang terus mengalir.

Ketiga, memperluas jaringan pemasaran terutama untuk level distributor, agen dan member. Perluasan jaringan ini sangat penting karena pada momen-momen penting tersebut minat konsumen terhadap produk yang kita tawarkan sangat tinggi. Juga untuk mengimbangi persaingan dengan produk sejenis dari pengusaha lain.

Keempat, meluncurkan model/varian terbaru yang inovatif tiap momen-momen penting tersebut agar produk makin beragam dan konsumen tidak jenuh. Model/varian baru tersebut harus terus diciptakan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Untuk usaha makanan/minuman, usahakan menciptakan model/varian baru tanpa bahan pengawet dan sudah mendapatkan sertifikat dari instansi/lembaga yang kompeten. Hal ini sangat penting mengingat trend masyarakat yang cenderung menginginkan suatu produk makanan yang sehat dan berkualitas.

Kelima, menciptakan kemasan yang unik dan menarik yang merupakan kombinasi dari berbagai produk unggulan.

Keenam, fokus pada produk yang menjadi target penjualan, yakni produk yang paling banyak diminati konsumen. Produk/varian yang banyak diminati tersebut harus diproduksi lebih besar dibanding produk lain karena setiap momen penting memiliki ciri khasnya masing-masing.

Ketujuh, tidak memanfaatkan momen penting untuk menaikkan harga, karena prubahan harga yang secara tiba-tiba berarti siap kehilangan pelanggan. Justru, pada momen-momen penting ini harus menunjukkan kemurahan dan kemuliaan hati dengan memberikan spesial harga dan diskon-diskon untuk menarik minat konsumen.

Demikian semoga menjadi bahan referensi tambahan bagi Sahabat Phylo yang ingin mengambil kesempatan bisnis pada momen-mone penting sepanjang tahun 2012 ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.