Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 18.40
PHYLOPOP-Jakarta. Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2010, Badan Pendidikan Pelatihan Kemeterian melaksanakan Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah bagi Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Orientasi ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah di dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta Orientasi adalah para Bupati/Wali kota hasil Pemiliha Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2010.

Untuk Tahun Anggaran 2011, Badan Diklat Kemendagri menyelenggarakan Orientasi sebanyak 5 (lima) angkatan dan seluruh biaya pelaksanaan bersumber dari APBN Badan Diklat Kemendagri Tahun 2011, sementara biaya perjalanan dan uang saku peserta dibebankan pada APBD masing-masing daerah. Orientasi tersebut berlangsung antara bulan April sampai Juni 2011 di Badan Diklat Kemendagri Jln. TM. Pahlawan Nomor 8 Kalibata Jakarta Selatan.

Materi yang disampaikan dalam Orientasi adalah Demokrasi dan Kebangsaan Indonesia,Sistem Pemerintahan Nasional dan Daerah, Hubungan Pemerintah Daerah dan DPRD, Kepemimpinan dan Etika Pemerintahan, Pencegahan Korupsi, isu-isu Aktual, Orientasi Lapangan dan Olah Praja. Orientasi ini juga dikemas satu paket dengan Orientasi Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan bagi Istri Bupati/Walikota dan Istri Wakil Bupati /Wakil Walikota. Untuk mengoptimalkan teori yang didapat, peserta Orientasi melaksanakan Observasi Lapangan (OL) di beberapa Kabupaten/Kota yang ditunjuk oleh Badan Diklat, terutama karena alasan kemajuan dan perkembangan yang berhasil diraih oleh daerah.


OL bertujuan untuk mengamati penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten/kota sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan berbagai peraturan perundangan lainnya, dikaitkan dengan isu aktual yang mencakup aspek pemerintahan, pembangunan, politik dan kemasyarakatan serta keuangan daerah.

Dengan demikian diharapkan para peserta orientasi akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif antara teori, konsep dan prinsip kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diperoleh dengan praktek di lapangan bersama para Kepala Daerah yang telah memiliki masa jabatan lebih dari 1 (satu) tahun.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.