Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 10.00

PHYLOPOP.com - Kapal induk pertama China diluncurkan Selasa (25/9) dalam upacara yang dihadiri oleh Perdana Menteri Wen Jiabao.

Peresmian kapal induk yang diberi nama Liaoning itu diadakan di Dalian, pelabuhan utama di Provinsi Liaoning, dan dihadiri oleh perdana menteri serta para pejabat tinggi militer.

Wen Jiabao mengatakan semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan kapal induk ini harus mampu memberikan kontribusi baru dalam memajukan industri senjata China dan mempertahankan kedaulatan, keamanan, dan keutuhan wilayah negara.

"Hal ini juga akan mempunyai signifikansi besar dalam memperkuat kekuatan pertahanan nasional dan kekuatan menyeluruh negara," kata PM China di Dalian.

Kapal induk Liaoning diproduksi oleh Uni Soviet dan dibeli dari Ukraina. China kemudian menghabiskan waktu selama sekitar 10 tahun untuk meremajakan kapal yang sebelumnya tidak digunakan dan sudah mulai berkarat itu.

Nama Liaoning diambil dari nama provinsi yang terletak di laut timur tersebut.

"Pengoperasian kapal induk akan memiliki arti penting dalam meningkatkan kemampuan bertempur Angkatan Laut negara ke tingkat yang modern," kata Kementerian Pertahanan China dalam pernyataannya.

China membelanjakan dana besar untuk memodernisasi militer China. Namun untuk saat ini China belum mempunyai armada pesawat atau pilot yang siap menjalankan misi-misi di kapal induk.

Sehingga kapal yang diberi nama Liaoning ini akan digunakan untuk menguji coba dan melatih mereka, program yang mungkin memerlukan waktu beberapa tahun.

Pengoperasian kapal induk China jelas akan membuat negara-negara tetangga yang terlibat sengketa wilayah laut, antara lain Jepang, Filpina, dan Vietnam, khawatir akan kekuatan militer China dan bagaimana China akan menggunakan kapal itu (media indonesia).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.