Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 09.00

PHYLOPOP.com - Kharisma Citra pernah menyibukkan hari-harinya dengan urusan anak band. Maklum, selama empat tahun, wanita yang akrab disapa Citra ini menjabat sebagai manajer band Maliq & D'Essential. Tapi demi jam kerja yang lebih teratur, Citra alih profesi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejak tahun 2010, Citra bekerja di bagian Publikasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Padahal saat jadi manajer band, wanita kelahiran 1982 ini mengaku sudah punya penghasilan yang cukup besar. "Aku memutuskan untuk berhenti karena jadwal yang super padat. Belum lagi banyaknya tawaran manggung saat liburan yang mengharuskan aku menghabiskan waktu di luar rumah," tutur Citra.

Usai melakukan berbagai pertimbangan, Citra memutuskan untuk mencoba ikut seleksi PNS. Menurutnya, jadi PNS adalah pilihan tepat untuk dirinya yang sudah memiliki anak. Bisa punya jam kerja teratur akan berdampak baik pada kehidupan rumah tangga.

Mengawali profesi sebagai PNS, lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Trisakti ini harus beradaptasi dengan model kerja yang jauh berbeda dibanding saat menjadi manajer band. "Aku merasa punya dunia baru menjadi seorang PNS. Aku sering kerja langsung bertemu dengan masyarakat. Alur kerja juga sangat berubah dari pekerjaanku yang sebelumnya. Memang perlu adaptasi sedikit sih."

Ia merasa hidupnya lebih teratur karena jam kerja yang tetap, dibanding profesinya terdahulu. "Hidupku lebih teratur, aku dulu nggak punya jam kerja, pakai baju apa saja, tapi sekarang aku berseragam dan punya jam kerja," papar Citra.

Citra menilai pekerjaannya sangat menarik. Dia dapat melihat kawasan konservasi di berbagai pulau Indonesia. Belajar banyak mengenai perikanan, kelautan, dan daerah yang dilindungi. Selama dua tahun menjadi PNS, Citra sudah melakukan dinas ke berbagai wilayah Indonesia seperti Palembang, Kalimantan, Sumatera, Manado dan Medan.

Meskipun penghasilan PNS relatif kecil, Citra tetap senang menjalani profesinya karena memiliki passion yang kuat dan tidak pernah setengah-setengah dalam bekerja. Akan tetapi, setiap orang pasti memiliki duka tersendiri dalam melakukan pekerjaannya. Untuk Citra sendiri, ia merasa sedih bila luapan idenya membutuhkan waktu lama untuk bisa terealisasi. Namun Citra menilai hal tersebut sudah menjadi bagian dari sistem birokrasi.

Wanita yang hobi masak dan mendesain ini mengatakan kalau paradigma negatif masyarakat mengenai PNS cukup membuatnya prihatin. "Aku menghadapi opini masyarakat setiap hari. Menurut aku itu sangat duka ya, kita kan kerja untuk melayani masyarakat, mengatur grup band saja nggak segampang membalikkan telapak tangan, apalagi untuk negara sendiri," tutur Citra dengan nada kecewa.

Menutup pembicaraan, Citra mengaku cukup menyesal karena telat jadi PNS. Ia merasa tidak bisa memaksimalkan waktunya meniti karir di instansi pemerintah. "Aku terlambat masuk PNS karena kita punya masa pensiun, kalau dari fresh graduate kan bisa maksimum meniti karirnya," tutup wanita kelahiran 19 Februari 1982 itu (wolipop).


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.