Iqyzain I Make Up Artist and Wedding Gallery 00.38
PHYLOPOP.com - Jakarta banjir? Rasanya itu berita yang sudah biasa ditelinga warga Jakarta. Bahkan dalam waktu sekejap saja, berita bencana banjir yang melanda Jakarta dapat dilihat dan diamati oleh seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia. Peran media massa seperti televisi dan internet lah yang sangat besar menyebarkan info yang kurang sedap tersebut.

Namun, apa jadinya jika banjir tersebut juga merusak infrastruktur terutama yang notabene merupakan lambang atau ikon dari Ibu Kota Jakarta? Bayangkan apa yang ada dalam benak warga dunia ketika menyaksikkan atau melihat gambar atau video-video yang menampakkan ikon-ikon Jakarta dalam kondisi memalukan : terendam banjir.

Yah, itulah kenyataannya. Dan Phylopop berhasil mengumpulkan lima hasil jepretan kamera yang menunjukkan ikon-ikon Jakarta tersebut dalam situasi yang sangat tidak sedap dipandang mata akibat banjir. Foto-foto ini beredar luas di media online.

Trans Jakarta 
Trans Jakarta merupakan salah satu ikon Ibu Kota DKI Jakarta. Transportasi massa ini merupakan salah satu gagasan terpenting dan dianggap berhasil masa pemerintahan Foke (sapaan akrab Fauzi Bowo).

Namun hujan selama sepekan yang melanda kawasan Jabodetabek menyebabkan dampak buruk terjadinya banjir di sebagian besar kawasan Jakarta.

Dan foto di samping memperlihatkan Bus Transjakarta yang sedang berusaha menerobos banjir di jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu tanggal 13 Januari 2013.

Kereta Api
Gambar di samping memperlihatkan penumpang kereta api terpaksa turun di luar stasiun karena stasiun Tanah Abang terendam banjir. Foto tersebut diabadikan pada Kamis, tanggal 17 Januari 2013.

Pada hari itu, perjalanan kereta dari Stasiun Bogor hanya sampai Stasiun Pasar Minggu. Perjalanan kereta tidak dapat dilanjutkan karena Stasiun Manggarai, Tebet dan Kampung Bandan dan Jakarta Kota terendam air. Hal ini menyebabkan penumpukan penumpang hampir semua stasiun antara Jakarta dan Bogor. Tentu kondisi ini sangat mengganggu aktivitas warga Jabodetabek.

Monumen Nasional (Monas)
Meski merupakan salah satu ikon terpenting bagi Jakarta dan Ibu Kota Negara, tak membuat kawasan Monas bebas banjir. Monas sudah menjadi tempat wisata dan salah satu alternatif pengisi liburan bagi warga Jakarta. Bahkan warga dari seluruh nusantara rela datang jauh-jauh hanya untuk mengamati dan mengagumi keunikan dan keindahannya.

Perhatian pemerintah pun sangat tinggi terhadap kelestarian dan keindahan kawasan Monas. Namun itu semua tidak membuat ikon Ibu Kota ini luput dari bencana banjir yang melanda Jakarta dalam sepekan terakhir.

Gambar di atas menunjukkan kondisi kawasan Monas yang terendam banjir. Foto tersebut mengabadikan banjir Monas yang terjadi pada tanggal 24 Desember 2012.

Istana Negara
Sibuk diisi kegiatan penting dan padat kenegaraan tidak juga membuat Istana Negara bebas banjir. Bahkan orang nomor satu negeri ini, SBY (sapaan akrab Susilo Bambang Yudhoyono), sempat menikmati bagaimana rasanya berjalan di tengah banjir yang meluap di kawasan Istana Negara sebagaimana di tunjukkan foto di samping.

Foto tersebut menggambarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (biru) didampingi Menlu Marty Natalegawa (kiri), memeriksa kawasan Istana Negara yang kebanjiran pada Kamis, tanggal 17 Januari 2013.

Jadi biar para petinggi negara juga merasakan apa yang dirasakan rakyat. Semoga Pak Beye punya inspirasi mengatasi masalah banjir Ibu Kota setelah bernostalgia dengan banjir Jakarta.

Bundaran Hotel Indonesia (HI)
Satu lagi ikon Jakarta yang berhasil terekam dalam kondisi terendam banjir. Ya, gambar di samping memperlihatkan Bundaran HI Jakarta terendam banjir pada Kamis, tanggal 17 Januari 2013. Foto tersebut dijepret dari atas gedung di kawasan bundaran HI.

Tampak dalam gambar aktivitas mobil, motor dan pejalan kaki berusaha menghindari genangan banjir yang memenuhi kawasan yang biasanya padat ini. Terlihat hanya sedikit kendaraan yang melintas mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan.

Lima foto di atas mewakili kondisi rill Jakarta saat ini. Kondisinya sudah sangat parah dan sangat mengganggu aktivitas warga. Apalagi sampai merusak infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih bajir tersebut merusak pemandangan ikon-ikon Ibu Kota Jakarta sebagaimana ditunjukkan foto-foto di atas.

Semoga secepatnya pemerintah menemukan cara tepat dan cepat mengatasi banjir. Dan tak lupa, partisipasi seluruh warga di kawasan Jabodetabel akan sangat menentukan keberhasilan pemerintah mengatasi banjir khususnya di Jakarta. Harapannya tahun depan Jakarta terbebas dari banjir hingga tahun-tahun mendatang.

Demikian salam Phylovers!


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.